Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari: Sekolah Unggul dan Berkemajuan Belum Lama Dilantik, Kepala Sekolah Muda ini Sabet Medali Emas di Olympicad VII Nasional Raih Enam Medali di Olympicad, SMA Mujahidin Wonosari Lampaui Prestasi Sebelumnya Jalin Kerja Sama dengan Daihatsu, SMK Musaba Resmikan Dojo Center Berkat Program SMART, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Depok Raih Medali Emas OlympicAD 7 Ikut OlympicAD 7, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Sajikan Film Perjuangan Jurnalis Amankan Perunggu di OlympicAD 7, SMP Muhammadiyah 3 Depok Tetap Incar Emas SD Muhammadiyah Condongcatur Raih Medali Emas Cabang Musik Akustik OlympicAD 7

Mu’allimaat Jalin Kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

YOGYAKARTA — Sekolah dengan wawasan internasional merupakan salah satu cita-cita yang terus diupayakan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Langkah strategis yang dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan banyak pihak, salah satunya adalah Malaysia.

Jumat (22/1) Madrasah Mu’allimaat mengadakan agenda “English Talk With UKM”. UKM adalah Universiti Kebangsaan Malaysia. Dengan mengusung tema “Practicing English for Better Self”, Mu’allimat juga menggandeng IRO (International Relations Office) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Acara virtual untuk kelas IV tersebut dimulai dengan sambutan oleh tiga perwakilan, masing-masing Direktur Madrasah Mu’allimaat, perwakilan UKM, dan Kepala IRO UMY. Kemudian dilanjutkan acara inti, yakni pembagian kelompok kecil bersama 10 mentor, 7 dari UKM dan 3 mahasiswa asing UMY.

“Acara ini merupakan inovasi sangat luar biasa dan harus dikembangkan. Selain menambah wawasan internasional juga sebagai ajang silaturahmi dan kerjasama dengan manca negara,” kata Agustyani Ernawati, M.Pd., Direktur Madrasah Mu’allimaat.

Sambutan kedua adalah Senior Executive and Assistant Registrar International Relations Centre UKM Global, yakni Mr. Hafiz Rasul Mohamed. “Ini adalah agenda perdana. Satu yang menjadi harapan kami, yakni tetap untuk terus bekerjasama, saling bertukar pikiran, dan menambah wawasan. Bahkan harapan terbesarnya adalah Madrasah Mu’allimaat bisa berkunjung secara langsung ke Malaysia,” katanya penuh semangat.

Kepala IRO UMY mengakhiri sambutan pada acara ini. “Agenda seperti ini harus selalu dilestarikan dan harapannya tetap bekerjasama dengan IRO UMY,” tutur Mr Yordan Gunawan.

Setelah sambutan, dilanjutkan perkenalan singkat 10 mentor yang akan membimbing seluruh peserta dalam kelompok kecil melalui break out room. Mereka di masing-masing ruangan akan memaparkan materi dan melakukan game yang telah disiapkan, kemudian dilanjutkan sesi speaking untuk memperlancar komunikasi. Speaking skill merupakan salah satu tujuan egenda ini.

Ustadz Dwi Setyawan, M.Pd., Staf Urusan Bahasa Madrasah Mu’allimaat, mengatakan bahwa kegiatan ini mempunyai lima tujuan utama. Satu, santriwati dapat berkomunikasi aktif, berbicara, dan merespon dengan Bahasa Inggris. Dua, peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, khususnya dalam aspek speaking dan listening. Tiga, tumbuh rasa keberanian dan tidak malu untuk menyampaikan ide gagasan. Empat, meningkatnya wawasan Bahasa Inggris secara umum. Lima, bisa mengambil nilai-nilai wawasan Bahasa Inggris.

Antusiasme peserta didik sangat luar biasa, ditandai dengan aktifnya forum percakapan pada saat break out room. Agenda diakhiri dengan kembali ke ruang zoom utama dan dilakukan evaluasi bersama. (hr)


Berita dikirim koresponden: Laeli Agustina

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here