News

News

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Dari Pelatihan MC PWM DIY: Organisasi Harus Lakukan Transfer Teknologi

YOGYAKARTA — Masa pandemi Covid-19 seperti terjadi sekarang jangan sampai menghentikan kegiatan, baik organisasi maupun perorangan, dengan tetap secara ketat menerapkan protokol kesehatan. “Acara-acara tetap harus berjalan dengan tanpa melanggar protokol kesehatan,” tegas Ketua PWM DIY, Gita Danupranata.

Hal itu disampaikan mengawali “Pelatihan MC, Moderator & Host Daring/Online Profesional” secara online. Dua narasumber adalah Jefree Fanana, S.T., M.Kom (Dosen Universitas Ahmad Dahlan/UAD), dan Novy Diana Fauzi, S.S., M.A. (Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/UMY). Acara diselenggarakan secara online, Kamis 11 Februari 2021.

Menurut Gita, dengan banyaknya aktivitas secara daring akan ada beberapa penyesuaian bagi MC atau moderator. “Maka menjadi MC atau moderator acara online secara profesional perlu kita pelajari,” tegasnya.

Dalam materinya, Jefree Fahana menekankan pada pengenalan aplikasi meeting dan video conference, serta pentingnya mengenal tugas host maupun co-host dalam acara online. Pada masa pandemi sekarang ini acara daring (dalam jaringan) atau online sudah menjadi kebutuhan, agar roda organisasi maupun kegiatan perorangan tidak berhenti.

“Untungnya pandemi Covid-19 ini terjadi ketika perkembangan teknologi sudah matang. Itulah orang Jawa, mengambil segala sesuatu dari sisi untungnya,” kata Jefree.

Jika pandemi terjadi ketika teknologi belum siap, dampaknya akan sangat berbeda. Karena pertemuan offline tetap dilaksanakan. Misalnya, rapat organisasi maupun kegiatan sekolah tetap secara tatap muka seperti biasa.

Meski begitu ia mengakui bahwa di awal pandemi aplikasi zoom dan lainnya masih banyak kekurangan, tetap saja dimanfaatkan dan lambat laun memperbaiki diri. Kehadiran teknologi ini harus direspon positif oleh masyarakat.

“Organisasi harus melakukan transformasi teknologi. Work from home jangan diartikan sebagai libur tapi menggunakan teknologi untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dari rumah. Apalagi Muhammadiyah yang sudah mantap dengan tagline berkemajuan,” katanya.

Transformasi teknologi antara lain dengan digitalisasi organisasi. Misalnya, penyimpanan dokumen dalam bentuk digital serta meeting dengan memanfaatkan aplikasi video conference. Hal ini sampai pada digitalisasi notulensi. “Insya Allah sebentar lagi Muhammadiyah DIY memiliki aplikasi untuk itu,” tutur Jefree.

Sedangkan Novy Diana Fauzi membahas ke-MC-an dan host secara lebih praktis (baca: Dari Pelatihan MC PWM DIY: Jam Terbang sampai Kebelet Pipis). “MC, host, maupun narasumber harus selalu mengasah ketrampilan untuk acara online,” tegas Novy. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here