News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Launching Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah Sleman

SLEMAN —  Kewirausahaan merupakan salah satu solusi yang dapat mengurai masalah kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Hal itu disampaikan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dalam acara launching Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah (SWA) Sleman sekaligus juga webinar dengan tema “Menjadi Wirausaha Sukses di Era Digital”, Rabu (17/3/2021) sore, di Smart Room Diskominfo Kabupaten Sleman.

Kustini menyebutkan, jika kita melihat kondisi perokonomian saat ini, maka makna kewirausahaan ini menjadi penting.

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang mengalami perlambatan dikarenakan pandemi Clovid-19 yang melanda seluruh dunia, hal ini berakibat pada penurunan daya beli masyarakat dan banyaknya pengangguran,” ungkap Kustini Sri Purnomo.

Hal ini, dikatakan Kustini, menuntut setiap orang untuk kreatif. “Kreatif ini adalah bagaimana bisa survive pada kondisi  seperti saat pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Kustini menjelaskan, melambatnya perekonomian selama masa pandemi Covid-19 berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan meningkatnya angka pengangguran.

Di tahun 2020 tingkat pengangguran mencapai 6,59 persen meningkat 2,9 persen dibandingkan tahun 2019 sebesar 3,69 persen.

Hal ini, menurut Kustini, disebabkan pekerja sektor formal dan informal banyak yang kehilangan pekerjaannya karena pembatasan atau penghentian operasional usaha sebagai dampak pandemi Covid-19.

Bagi Kustini, seorang yang memiliki jiwa wirausaha tentunya tidak akan bingung. “Tapi segera melihat peluang bagaimana ia akan berusaha atau berbisnis,” tandas Kustini, yang menambahkan bahkan ia bisa menciptakan pekerjaan yang bisa menampung orang lain.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengapresiasi setinggi-tingginya kepada SWA Sleman yang telah mengembangkan kegiatan kewirausahaan di Kabupaten Sleman.

“Saya hanya berharap nantinya akan bermunculan wirausahawan-wirausahawan yang mumpuni di Kabupaten Sleman,” kata Kustini, yang didampingi Kepala OPD di antaranya Kepala Disperindag Kabupaten Sleman RR Mae Rusmi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Kabupaten Sleman Budiharjo, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sleman Eka Suryo Prihantoro dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Pustopo. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here