Kampus

Kampus

MediaMU.COM

May 15, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Andromeda dan MA Wathoniyah Islamiyah Ikuti Pelatihan Teleskop di Pastron UAD

Foto: Pastron UAD

BANTUL – Pusat Studi Astronomi Universitas Ahmad Dahlan (Pastron UAD) mengadakan pelatihan Teleskop dan Observasi yang diikuti Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebumen dan Kelompok Studi ANDROMEDA Pendidikan Fisika UAD. Kegiatan untuk memperingati World Space Week ini dilaksanakan di Observatorium UAD Lampus 4 Lantai 10, Sabtu (2/10).

Acara dihadiri 1 guru dan 2 siswa MA Kebumen serta 13 anggota baru Andromeda. Tujuannya untuk regenerasi dan menjalin kerjasama antara Pastron UAD dengan institusi maupun komunitas lain. Pelatihan dalam rangkaian 100 Hours of Astronomy yang dikoordinasi International Astronomical Union, sehingga peserta memperoleh pengetahuan berskala internasional.

Ada 4 kegiatan yang dilaksanakan yaitu teori dasar teleskop, pengenalan perangkat lunak pengamatan (Stellarium), pengenalan peta bintang, dan praktik pengamatan.

Materi teori dasar teleskop disampaikan Ricka Tanzilla, M.Pd., alumni S2 Pendidikan Fisika UAD. Peserta pelatihan memperoleh bekal ilmu tentang optik, jenis teleskop, daya pisah, dan gangguan pada observasi.

Kemudian dilanjutkan pengenalan Stellarium oleh M. Khoirul Ardi, S.Pd., student employee di Observatorium UAD dan mahasiswa S2 Pendidikan Fisika UAD. Materi ini penting untuk membantu persiapan observasi dan mengenali berbagai istilah dalam tata koordinat.

Materi ketiga disampaikan Mega Sukma, S.Pd., mahasiswa S2 Astronomi ITB, mencakup dasar rasi bintang, pengenalan planisphere atau peta bintang, dan praktik penggunaannya.

Praktik pengamatan menjadi hal paling ditunggu dari rangkaian kegiatan pelatihan teleskop dan observasi. Kegiatan ini dipandu Chinta Ayu Wandira, student employee Observatorium UAD dan mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UAD. Teleskop yang digunakan yaitu dua teleskop skywatcher, dua celestron reflector, dan satu celestron refraktor.

Peserta juga memperoleh materi dari Yudhiakto Pramudya, Ph.D., Kepala Pusat Pastron UAD, tentang polusi cahaya yang perlu dipahami untuk dapat memilih lokasi observasi. Mereka diimbau membantu kampanye pengurangan polusi cahaya. Selain itu, mendapat tugas observasi siang dan malam beserta pengumpulan hasil laporan observasi.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan MoU antara Pastron UAD dengan MA Wathoniyah Islamiyah Kebumen. Kesepakatan ini sebagai bentuk pengabdian dosen dan mahasiswa kepada masyarakat.

Pelatihan teleskop dan observasi sebagai kegiatan awal karenanya pengetahuan yang diberikan berupa materi dasar teleskop dan observasi. Praktik observasi perlu dilakukan secara rutin oleh peserta untuk meningkatkan keahlian dan pemantauan langit secara berkala. (*)

Berita diterima mediamu.com dari Pastron UAD
Editor: Heru Prasetya

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here